Social Icons

.

Museum Subak

Jelajahi Salah Satu Warisan Budaya Dunia - Museum Subak Di Tabanan - Bali

Museum Subak Di Tabanan Bali

Tabanan merupakan salah satu Kabupaten di Bali yang memiliki sawah paling luas sehingga sering sebut sebagai Lumbung Beras Bali. Subak merupakan salah satu sistem dalam pertanian di Bali yang mengatur tentang irigasi atau pembagian air secara adil dan merata ke setiap sawah masing - masing anggota.
Museum Subak merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang menarik untuk di kunjungi. Museum Subak terletak di Kabupaten Tabanan, beberapa hal yang menjadi pertimbangan kenapa Museum Subak di bangun di Kabupaten Tabanan Bali, antara lain :
  • Kabupaten Tabanan memiliki lahan sawah yang paling luas di Bali
  • Salah satu subak di Tabanan pernah mendapatkan penghargaan juara nasional dalam program intesifikasi terhadap pengelolaan sawah.
  • Jumlah subak di Tabanan paling banyak di bandingkan dengan Kabupaten yang lainnya di Bali
  • Dijadikan paket wisata yang dikombinasikan dengan Pura Tanah Lot
Karena sistem irigasi yang di miliki subak, yang mampu mengatur proses pembagian air yang di alirkan ke setiap sawah dari setiap anggota subak dengan adil dan merata sehingga Subak di Tabanan ini di masukkan sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO  pada Bulan Mei 2012.

Lokasi Objek Wisata Museum Subak Di Tabanan Bali

Alamat Museum Subak Di Bali yaitu terletak di Jalan Gatot Subroto, Desa Sanggulan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan Bali. Berjarak sekitar 20 kilometer ke arah barat dari Kota Denpasar. Atau jika di tempuh dengan kendaraan dari Bandara Ngurah Rai akan memakan waktu sekitar 40 menit jika kondisi jalan dalam keadaan lancar. Untuk melihat lokasi Museum Subak Di Bali, Anda bisa mengaksesnya melalui google maps Lihat Lokasi Museum Subak Di Tabanan Bali.

Mengenal Berbagai Peralatan Pertanian - Museum Subak Di Tabanan Bali

Museum Subak Di Tabanan Bali

Dengan berkembangnya teknologi dihaparkan salah satu warisan budaya ini tetap tejaga hingga masa mendatang, untuk menyikapi kekhawatiran akan tergilasnya warisan budaya Subak di Bali oleh perkembangan jaman, maka di usulkan pertama kali oleh I Gusti Ketut Kaler, Subak sebagai Cagar Budaya, kemudian terus berkembang menjadi Museum Subak

Museum Subak Bali terbagi menjadi dua kompleks terpidah, keduanya itu ialah kompleks museum tertutup dan kompleks museum terbuka. Di kompleks museum tertutup terdiri dari dua bangunan yang berfungsi sebagai pusat informasi dan pameran. Sedagkan yang terbuka ialah berupa hamparan sawah dengan subak.

Di kedua bangunan kompleks pertama pengunjung bisa melihat peralatan yang biasa di gunakan di dalam pertanian di Bali dan mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat tentang bagaimana sistem irigasi di Subak serta proses pengolahan sawah dari awal sampai akhir. Seperti cara membuka lahan, membagi air, membuat trowongan serta lengkap dengan proses upacara keagamaannya.

Akses Ke Tempat Wisata Museum Subak Di Tabanan Bali

Untuk bisa sampai ke tempat wisata Museum Subak Di Tabanan Bali anda bisa membawa kendaraan sendiri atau memakai jasa sewa mobil murah di Bali dengan sopir dan juga bisa mengikuti paket liburan murah di Bali yang mengarah ke tempat wisata Museum Subak Bali seperti Tanah Lot Tour. Beberapa objek wisata yang searah dengan Museum Subak Di Tabanan Bali antara lain : 

Peta Jalan Menuju Objek Wisata Museum Subak Di Tabanan Bali


No comments:

Post a Comment