Social Icons

.

Wisata Bali - Pura Taman Ayun

Obyek Wisata Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang wajib di kunjungi. Pura Taman Ayun menawarkan suasana yang tenang dan nyaman. Hal ini karena letak dari Pura Taman Ayun ini yang di kelilingi dengan kolam. Jika Anda berada di dalam Pura ini seakan - akan Anda terasa berada di dalam sebuah pulau kecil jika melihat di sekeliling area Obyek Wisata Pura Taman Ayun ini. Dari susunan Meru – Meru di Pura Taman Ayun ini sangat terlihat nilai seni, budaya, unik dan unsur magis serta nilai sejarah yang di kandungnya. Sebagai tempat wisata pupoler di Bali, Sehingga Pura ini mampu memikat hati wisatawan untuk mengunjunginya.

Denah Pura Taman Ayun

Tempat wisata Pura Taman Ayun mempunyai luas 100 x 250 m2.
Terbagi menjadi dua pelataran yaitu :
  • Pelataran Luar : Pelataran Luar terdapat disisi luar kolam
  • Pelataran Dalam. : Pelataran Dalam berada di dalam area kolam
Pelataran Dalam dibagi menajadi tiga bagian, yaitu :
  • Pertama adalah pelataran dalam pertama sebuah tempat untuk istirahat sambil menikmati keindahan pura,
  • Kedua adalah pelataran dalam kedua tempatnya lebih tinggi dari pelataran dalam pertama, di sini terdapat 9 relief penjaga setiap penjuru mata angin atau menurut kepercayaan Hindu, sembilan relief tersebut dikenal sebagai simbol kekuatan Dewata Nawa Sanga.
  • Ketiga yaitu Pelataran Dalam ketiga, letaknya paling tinggi, pintu Gelung dengan posisi tengah akan dibuka hanya pada saat upacara sebagai tempat keluar masuknya pretima, arca juga peralatan upacara lainnya. Sedangkan dua pintu lagi sisi kiri kanan berfungsi untuk aktifitas keluar masuk kegiatan sehari hari, di sini tempat yang paling utama dan suci, terdapat beberapa candi, meru diperuntukkan sebagai tempat pemujaan umat.

Sejarah Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun merupakan Pura lbu (Paibon) bagi kerajaan Mengwi. Pura ini dibangun oleh Raja Mengwi, Badung, I Gusti Agung Putu, pada tahun 1556 Saka (1634 M). Pada mulanya, I Gusti Agung Putu membangun sebuah pura di utara Desa Mengwi untuk tempat pemujaan leluhurnya. Pura tersebut dinamakan Taman Genter. Ketika Mengwi telah berkembang menjadi sebuah kerajaan besar, I Gusti Agung Putu memindahkan Taman Genter ke arah timur dan memperluas bangunan tersebut. Pura yang telah diperluas tersebut diresmikan sebagai Pura Taman Ayun pada hari Selasa Kliwon-Medangsia bulan keempat tahun 1556 Saka. Sampai sekarang, setiap hari Selasa Kliwon wuku Medangsia menurut pananggalan Saka, di pura ini diselenggarakan piodalan (upacara) untuk merayakan ulang tahun berdirinya pura.

Transportasi Pura Taman Ayun

Lokasi Pura Taman Ayun terletak di Desa Mengwi, Kec. Badung. Sekitar 18 km ke arah bara Kota Denpasar. Untuk mengakses Pura ini, Anda bisa memakai jasa Sewa Mobil Murah Di Bali atau Anda juga bisa mengikuti / mengambil paket tour murah di Bali sebagai pemandu perjalanan Anda ke tempat wisata di Bali ini.

No comments:

Post a Comment