Social Icons

.

Pura Agung Jagatnatha

Pura Agung Jagatnatha merupakan salah satu tempat ibadah umat Hindu di Bali yang terletak di jantung Kota Denpasar yang merupakan salah satu pura terbesar di Denpasar. Pura Agung Jagatnatha berfungsi sebagai tempat pemujaan Ida Sang Hyang Widhi Wasa ( Tuhan Yang Maha Esa ). Selain sebagi tempat pemujaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Pura ini di diagendakan dalam program tour di Bali sebagai tempat wisata di Bali yang menarik untuk di kunjungi.

Mengenal Tentang Sejarah dan Keunikan Dari Pura Agung Jagatntha Denpasar - Bali

Pura Agung Jagatnatha di Denpasar


Melihat banyak pertumbuhan penduduk pendatang yang merantau di pusat Kota Denpasar dari berbagai Kampung di Bali, dengan demikian maka pada tahun 1953 di bangunlah Pura Agung Jagatnatha di Denpasar ini sebagai sarana peribadatan oleh Umat Hindu yang tidak bisa melaksanakan upacara persembahyangan di kampung halamannya yang jauh. Pura Agung Jagatnatha selalu di buka 24 jam. Dan ramai pada saat Purnama - Tilem, Hari raya suci lainnya seperti Hari Raya Galungan, Kuningan, Saraswati, Siwaratri dan sebagainya

Keunikan dari Pura Agung Jagatnatha ialah tidak adanya Pengempon Pura seperti halnya sebagan besar pura - pura di Bali. Jadi pura ini hanya di kelola oleh beberapa orang mulai dari pengaturan dana dan sarana persembahyangan setiap harinya. Di dalam area pura terdapat pelinggih yang menjulang tinggi sekitar 15 meter dengan simbol Acintya di puncak pelinggih. Pelinggih ini di sebut Padmasana. Konon simbol Acintya tersebut terbuat dari emas dan di curi oleh orang tak di kenal sekitar pada tahun 1981, menurt Pemangku pura setempat.

Lokasi Pura Agung Jagatnatha Denpasar Bali

Alamat Pura Agung Jagatnatha berada di Jalan Mayor Wisnu Denpasar. Berada di seberang lapangan taman kota Denpasar. Lapangan Puputan Badung merupakan salah satu tempat rekreasi di Kota Denpasar bersama keluarga dan buah hati. Jika di tempuh dengan kendaraan dari Bandara Ngurah Rai akan menghabiskan waktu lebih kurang 40 menit karena akses jalan menuju Pura Agung Jagatnatha sedikit padat yang merupakan akses ke kantung Kota Denpasar. Untuk melihat lokasi dari Pura Agung Jagatnatha, silakan lihat di peta google. Lihat Lokasi Pura Agung Jagatnatha.

Akses Transportasi Ke Pura Agung Jagatnatha

Dengan memakai kendaraan sendiri akan memudahkan perjalanan anda menuju ke Pura Agung Jagatnatha, Selain itu Anda juga bisa memakai jasa sewa mobil murah di Bali dengan sopir agar perjalanan Anda lebih menyenangkan lagi, atau mengikuti program paket liburan murah di Bali yang mengarah ke tempat wisata budaya Pura Agung Jagatnatha Denpasar yaitu Pasar Seni Kumbasari, Monumen Bajra Sandhi, Museum Bali dan Objek Wisata Pantai Sanur.
Pura Agung Jagatnatha di Denpasar

Ket.
Purnama = Purnama / Bulan hidup
Tilem = Bulan Mati
Pengempon Pura = Sekelompok masyarakat yang mengelola Pura itu sendiri
Pelinggih = Bangunan yang berfungsi sebagai tempat pemujaan

Pemangku = Orang suci yang memimpin upacara di pura tersebut.

No comments:

Post a Comment