Social Icons

.

Pura Gunung Kawi

Pura Gunung Kawi merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang menarik untuk di kunjungi. Di kompleks tempat wisata di Bali ini terdapat peninggalan - peninggalan purbakala berupa pahatan candi - candi yang terdapat pada dinding tebing, sehingga tempat wisata di Gianyar ini dikenal dengan sebutan Candi Gunung Kawi. Objek wisata Pura Gunung Kawi terletak di Sungai Pakerisan, Dusun Penaka, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar - Bali.
Objek Wisata Pura Gunung Kawi

Pura Gunung Kawi - Objek Wisata Peninggalan Purbakala di Tampaksiring


Mengenai nama Gunung Kawi belum di ketahui secara pasti arti dari nama tersebut, apakah ada hubungannya dengan nama Gunung Kawi di Pulau Jawa atau jika di lihat dari nama Gunung artinya tempat yang lebih tinggi dan Kawi yang artinya Pahatan. Jadi disimpulkan dengan maksud bahwa hasil pahatan yang terletak di tebing yang lebih tinggi.
Tempat Wisata Pura Gunung Kawi

Selain sebagai tempat wisata pada umumnya di Pulau Bali, Objek wisata Pura Gunung Kawi memiliki nilai sejarah purbakala yang di temukan pada 1910 dengan kondisi terletak di sebuah aliran sungai. Kompleks Pura Gunung Kawi terbagi menjadi dua ( 2 ) yang di belah oleh aliran sungai Pakerisan tersebut.

Untuk sampai di Pura Gunung Kawi anda harus menuruni anak tangga sebanyak 320, hal ini karena lokasi pura berada di lembah sungai tersebut. Dalam perjalanan menuju pura, Anda akan di suguhi dengan pemandangan yang indah dan ketika sampai di lembah sungai, Anda akan melihat nilai sejarah pahatan tebing gunung kawi tersebut.

Kompleks Pura Gunung Kawi di bagi menjadi empat kompleks yaitu :

  • Di sisi timur sungai, berdiri 5 pahatan candi yang merupakan tempat pemujaan Roh Suci Raja Udayana beserta permaisuri dan anaknya.
  • Di sisi barat sungai, berdiri 4 pahatan candi yang berfungsi sebagai tempat pemujaan empat permaisuri Raja Udayana
  • Di sebelah selatan dari pahatan candi sisi timur sungai terdapat pahatan berupa biara dan ceruk
  • Dan yang keempat ialah bangunan berupa candi dan ceruk sebagai tempat bertapa.

Akses transportasi ke objek wisata Pura Gunung Kawi

Untuk sarana transportasi ke lokasi tempat wisata Candi Gunung Kawi saya sarankan untuk memakai kendaraan sendiri, karena di kawasan objek wisata di Ubud ini akan mengalami kesulitan untuk menemukan transportasi umum karena lokasinya berada di pinggir sungai Pakerisan. Anda tidak perlu khawatir tersesat di jalan apabila anda memakai kendaraan sendiri, karena di sepanjang jalan ini terdapat penunjuk arah menuju ke Candi Gunung Kawi. Untuk melihat lokasi di dalam peta silakan buka Lokasi Candi Gunung Kawi di google maps. Anda juga bisa menggunakan jasa sewa mobil murah di Bali dengan sopir atau membeli paket tour yang mengarah ke objek wisata Pura Gunung Kawi ini seperti Kintamani Tour.

Peta jalan menuju Pura Gunung Kawi

No comments:

Post a Comment