Social Icons

.

Desa Terunyan - Tempat Wisata Terunik Di Bali

Kintamani merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang menarik untuk di kunjungi, Kintamani selain terkenal sebagai kawasan wisata gunung dan danau Batur, Objek wisata Kintamani juga menawarkan wisata budaya yang di wariskan dari masyarakat itu sendiri dari jaman dahulu. Tempat wisata yang unik dan terkesan angker akan anda temukan di Objek Wisata Desa Terunyan.

Terunyan berasal dari kata Taru dan Menyan. Taru artinya pohon dan Menyan artinya harum, Jadi disimpulkan menjadi Terunyan. Terunyan merupakan salah satu Desa di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Desa Terunyan - Tempat Wisata Terunik Di Bali

Nikmati Keunikan Objek Wisata Trunyan Berawal Dari Kuburan Di Tepi Danau Batur


Yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di Bangli ini ialah Kuburan Desa Adat Terunyan. Di kuburan di Desa Terunyan memiliki tradisi atau tata cara pemakaman jenazah yang sangat berbeda dari masyarakat Bali pada umumnya, seperti di kubur atau di aben. Akan tetapi masyarakat di Desa Adat Terunyan memiliki tradisi tersendiri yang di atur Awig - awig desa setempat yaitu dengan cara di baringkan di atas tanah kemudian di pagari dengan anyaman bambu berbentuk segitiga yang disebut dengan nama Ancak Saji.

Seperti pada umumnya jika jenazah di baringkan di atas tanah tentu akan menimbulkan bau busuk yang menyengat akibat penguraian bakteri. Namun di kuburan ini akan berbeda, yaitu jenazah yang di letakkan begitu saja di atas tanah yang hanya di kelilingi dengan bambu tidak mengeluarkan bau.
Kenapa demikian?
Hal ini di karenakan di area kuburan tumbuh Taru Menyan ( pohon wangi ) besar yang mengeluarkan bau harum yang mampu menetralisir bau busuk yang keluar dari jasad orang tersebut. Sehingga tempat ini di beri nama sebagai Desa Terunyan.

Kuburan Desa Terunyan terbagi menjadi tiga jenis sesuai dengan kondisi dari mayat itu sendiri. Tiga jenis kuburan ( kuburan dalam bahasa bali di sebut Sema ) tersebut ialah Sema Wayah, Sema Brantas dan Sema Muda.
  • Sema Wayah adalah kuburan yang di fungsikan untuk meletakkan mayat orang yang meninggal karena hal yang wajar, misal mati karena sudah tua.
  • Sema Brantas ialah kuburan yang di fungsikan untuk orang yang meninggal karena hal - hal yang tidak wajar seperti mati bunuh diri, mati di bunuh orang, mati kecelakaan dan sebagainya.
  • Sema Muda yaitu kuburan yang di fungsikan untuk meletakkan mayat orang yang meninggal masih bayi, anak kecil serta orang dewasa yang belum pernah kawin.
Desa Terunyan - Tempat Wisata Terunik Di Bali

Lokasi Objek Wisata Desa Trunyan

Tempat Wisata Desa Terunyan terletak di balik bukit dan di tepi danau Batur, untuk mengunjungi tempat wisata di Bali ini, Anda harus menyewa perahu dari dermaga Kedisan. Untuk biaya perahu di kenakan Rp. 250.000 pulang pergi maksimum 7 orang dalam satu perahu. Jika di tempuh dengan kendaraan dari Bandara Ngurah Rai akan memakan waktu lebih kurang 2,5 jam.

No comments:

Post a Comment