Social Icons

.

Tempat Wisata Pura Ulun Danu Batur

Selain menyajikan objek wisata alam gunung dan danau, tempat wisata Kintamani juga menawarkan keindahan pura yang penuh dengan nilai sejarah. Pura tersebut ialah Pura Ulun Danu Batur.

Disebut Pura Batur karena terletak di Batur yaitu di Desa Kalanganyar, Kec. Kintamani Bangli. Pura Ulun Danu Batur berfungsi sebagai tempat pemujaan Ida Sanghyang Widhi Wasa ( Tuhan Yang Maha Esa ) yang wujud Dewi Danu atau Dewi Danau atau Dewi Kesuburan. Pur ini memiliki fungsi yang sama denga Pura Ulun Danu Beratan.

Tempat Wisata Pura Ulun Danu Batur Kintamani Bali

Pura Ulun Danu Batur Kintamani - Tempat Wisata Sakral Di Bali


Objek Wisata Pura Ulun Danu Batur menjadi populer sampai ke manca negara berkat tempat wisata menarik di kintamani lainnya seperti Danau Batur dan Gunung Batur. Karena kepopulerannya inilah maka Pura Batur sering mendapatkan kunjungan baik wisatawan domestik maupun asing.

Kunjungan ke tempat wisata di Bali ini paling ramai di bulan agustus, awal tahun baru dan di tahun baru serta pada hari raya hindu di Bali seperti hari raya Galungan dan Kuningan.

Sejarah Pura Ulun Danu Batur - Kintamani Bali


Konon pura batur ini sudah ada sejak kedatangan Empu Kuturan yaitu pada abad ke X sampai awal abad XI. Dan Pura Batur di sebutkan sebagai pura sad kayangan yaitu enam pura yang memiliki peranan penting dalam melaksanakan upacara yadnya di Bali dan di sungsung oleh masyarakan umum. Hal ini dimuat dalam beberapa lontar suci seperti Lontar Babad Pasek Kayu Selem, Lontar Raja Purana dan Lontar Widhi Sastra.

Pura Ulun Danu Batur semula terletak di sebelah barat daya di kaki Gunung Batur, namun karena dampak dari letusan Gunung Batur yang dahsyat yang terjadi pada tahun 1926 yang mengakibatkan kerusakan rumah warga, pura - pura dan areal pertanian masyarakat di Batur. Akhirnya pengemong Pura tersebut berinisiatif untuk memindahkan Pura Batur ke tempat yang lebih tinggi yang sekarang berada pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Tempat Wisata Pura Ulun Danu Batur Kintamani Bali

Lokasi - Transportasi ke Pura Ulun Danu Batur Kintamani Bali


Lokasi Pura Ulun Danu Batur yaitu di Desa Kalanganyar, Kec.Kintamani, Kab. Bangli. Yang berjarak sekitar 30 kilometrer dari pusat kota Bangli. Untuk melihat lokasi pura ini silakan gunakan peta di bawah, atau untuk melihat lebih besar silakan klik Lokasi Pura Ulun Danu Batur Di Kintamani.

Dari bandara internasional Ngurah Rai berjarak lebih kurang 90 kilometer dan jika ditempuh dengan kendaraan akan menghabisakan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan.

Jika Anda belum memiliki kendaraan, bisa menggunakan jasa sewa mobil murah di Bali baik dengan sopir maupun tanpa sopir pariwisata. Atau bisa membeli paket liburan murah di Bali yang mengarah ke tempat wisata di Kintamani.

Lihat juga, objek wisata paling unik dan terkesan angker di Bali yaitu Objek Wisata Desa Trunyan.

Peta Jalan Menuju Tempat Wisata Pura Ulun Danu Batur Kintamani


No comments:

Post a Comment